Kisah Semut dan Merpati

Anakku, ingatlah selalu bahwa kebaikan akan mendapatkan balasan kebaikan pula. Karena itu dalam hidup di dunia ini kita harus senantiasa saling menolong. Mungkin hari ini orang lain yang butuh pertolongan. Di waktu lain mungkin kita butuh pertolongan. Dan saat kamu butuh pertolongan, kamu ingin ditolong juga kan..
Dari cerita semut dan merpati ini semoga kamu bisa belajar arti pentingnya saling menolong.


Pada suatu hari yang cerah, seperti biasa semut berjalan dengan riang untuk mencari makan. Namun dia tidak menyadari kalau dia sedang berjalan di tepi sungai yang licin. Karena kurang berhati-hati, si semut pun tergelincir dan jatuh ke dalam sungai.
"TOlooong.. tolong.." teriak semut dengan panik. Tubuhnya timbul tenggelam terseret air sungai.

Saat itu ada seekor merpati yang kebetulan sedang terbang melintasi sungai itu dan melihat si semut yang hampir tenggelam. Sang merpati ingin menolong semut, tapi merpati tidak dapat berenang. Akhirnya merpati menjatuhkan daun ke dekat si semut. dan berharap agar daun itu bisa menjadi perahu buat semut untuk sampai ketepian.

Saat melihat daun itu semut sangat senang, dia segera naik ke atas daun dan berusaha mencapai tepian sungai.Dengan usaha yang sangat keras, akhirnya semut mencapai tepi sungai dan dapat selamat.
Dalam hati semut berkata "Terimakasih merpati, aku tak akan melupakan kebaikanmu untuk menolongku.

Beberapa hari kemudian, semut melihat seorang pemburu yang mengendap-endap di tepi sungai. Pemburu itu membawa senapan panjang, dan terlihat sedang mengintai seekor merpati. Dan semut pun melihat itu, dan dia segera berlari menuju pemburu itu dan menggigit kaki si pemburu. Pemburu itu kesakitan dan terkejut, dan tembakanya pun meleset sehingga burung merpati bisa terbang menyelamatkan diri

Author

Dituliskan oleh Oma

Sebuah asa yang kubuat untuk anak-anakku dengan harap semoga bisa mendampingi masa kecil kamu dan semoga bisa menjadi bekal dalam perjalananmu menuju dewasa

0 komentar: