Kisah Singa dan Tikus

Anakku.. banyak-banyaklah kamu berbuat kebaikan, karena sesuatu yang baik akan mendapatkan balasan yang baik pula. Kali ini bunda akan bercerita tentang 'Singa dan Tikus', karena sebuah kebaikan yang dilakukan si Singa pada akhirnya singa mendapat pertolongan disaat dia kesusahan. Bunda sangat berharap setelah kamu mendengar cerita ini kamu akan lebih sering berbuat baik dan saling tolong menolong.

Dahulu kala di sebuah hutan yang rindang tinggalah seekor singa yang gagah dan sangat kuat. Suatu siang sang Singa sedang bersantai dan tertidur dengan kepalanya yang besar bersandar pada telapak kakinya. Saat itu ada seekor tikus kecil yang tidak sengaja berjalan di dekatnya, dan setelah tikus itu sadar bahwa dia berjalan di depan seekor singa yang tertidur, sang Tikus menjadi ketakutan dan berlari dengan cepat, tetapi karena ketakutan, sang Tikus malah berlari di atas hidung sang Singa yang sedang tidur. Sang Singa pun terbangun dan dengan sangat marah menangkap si tikus kecil itu dengan cakarnya yang besar.
 "Ampun.. Ampun.. Ampuni saya!" kata sang Tikus. "Tolong lepaskan saya dan suatu saat nanti saya akan membalas kebaikanmu." kata si Tikus dengan gemetar ketakutan.
Sang Singa pun tertawa karena merasa lucu saat berpikir kalau seekor tikus yang kecil dapat menolongnya. Tetapi dengan baik hati, akhirnya singa itu melepaskan si tikus kecil.
Di lain hari, saat sang Singa sedang mencari makan di dalam hutan, sang Singa tertangkap oleh jaring pemburu. Karena tidak dapat membebaskan diri, sang Singa mengaum dengan marah ke seluruh hutan. Saat itu si Tikus yang pernah dilepasnya mendengarkan auman itu dan dengan cepat menuju ke arah dimana sang Singa terjerat jaring. Si Tikus pun menemukan sang Singa yang meronta-ronta berusaha membebaskan diri dari jaring pemburu. Si Tikus lalu berlari ke tali besar yang menahan jala tersebut, dia lalu menggigit tali tersebut sampai putus hingga akhirnya sang Singa dapat terbebas.
"Kamu tertawa ketika saya berkata akan membalas perbuatan baikmu," kata si Tikus. "Sekarang kamu lihat bahwa walaupun kecil, seekor tikus dapat juga menolong seekor singa."
Dan setelah kejadian itu singa dan tikus akhirnya berteman baik

Author

Dituliskan oleh Oma

Sebuah asa yang kubuat untuk anak-anakku dengan harap semoga bisa mendampingi masa kecil kamu dan semoga bisa menjadi bekal dalam perjalananmu menuju dewasa

0 komentar: